Monday, August 29, 2011

Cover Mixtape: Volume 1

Clorrescent Clava dengan bangga mempersembahkan: penampilan perdana album Cover Mixtape secara live!

Penampilan pertama ini bertajuk 'Cover Mixtape: Volume 1' dan dan kali ini saya akan menampilkan beberapa fakta menarik dari dunia musik. Tanpa basa-basi lagi, enjoy the show!


1. Video Pertama



Kalau ini, jelas sudah banyak yang tau kalau video klip 'Video Killed The Radio Star' dari The Buggles yang ditayangkan pada 1 Agustus 1981 menjadi video klip pertama yang ditayangkan di MTV. Dan belasan tahun kemudian, pada tanggal 27 Februari 2000, MTV menayangkan lagi lagu 'Video Killed The Radio Star' sebagai video kesatu juta yang mereka tayangkan!


2. Video Pertama Kulit Hitam
Video klip Michael Jackson dalam lagunya yang berjudul 'Billy Jean' tercatat sebagai video klip pertama musisi kullit hitam yang ditayangkan MTV.


3. Judul Lagu Terpanjang
Hoagy Carmichael adalah penulis lagu yang menjadi judul lagu terpanjang dalam sejarah penciptaan lagu. Lagu tersebut diciptakan tahun 1943 dan berjudul 'I'm  a Cranky Old Yank in a Clanky Old Tank on the Street of Yokohama with my Honolulu Mama Doin' Those Beat-o, Beat-o Flat-On-My-Seat-o, Hirohito Blues'.



Hoagy Carmichael akhirnya membongkar rahasia kalau lagu itu awalnya hanya berjudul 'I'm a Cranky Old Yank', namun karena ingin membuat lelucon, judul lagu itupun ditambah lagi dengan beberapa kata.


4. Komposisi Piano Terpanjang
Erik Satie adalah pencipta komposisi piano yang berjudul 'Vexations'. Dengan 180 not sesuai  urutan Erik Satie dan pengulangan 840 kali membuat 'Vexations' menjadi komposisi piano terpanjang sepanjang sejarah.

'Vexations' pertama kali dipentaskan pada bulan September 1963 di Pocket Theater, New York City dan memerlukan sepuluh pianis untuk menuntaskan lagu ini secara berantai.





5. Rockstar Pertama yang Ditangkap di Atas Panggung
Adalah James Douglas Morrison atau lebih dikenal dengan Jim Morrison, yang tercatat sebagai rockstar pertama yang ditangkap di atas panggung





Kejadian ini berawal ketika Morrison tertangkap basah tengah bercumbu dengan salah satu penggemarnya di belakang panggung, sang aparat yang tidak menyadari bahwa Morrison sebagai Lead singer dari band The Doors yang akan menggelar pertunjukan kemudian memerintahkan agar pasangan ini untuk pergi. Hal ini direspon negatif oleh sang vokalis dengan mengatakan "Eat it" kepada sang aparat yang kemudian mengeluarkan sebuah mace dan memperingatkan Morrison sambil berkata "Last chance", Morrison membalasnya dengan mengatakan "Last chance to eat it".
Ada beberapa perbedaan mengenai apa yang terjadi kemudian, ada yang mengatakan bahwa sang gadis penggemar lari dan Morrison disemprot oleh mace polisi, namun Manzarek menuliskan dalam bukunya bahwa Jim dan penggemar tersebut keduanya disemprot oleh mace hingga menyebabkan konser ditunda selama hampir satu jam untuk menunggu Jim pulih kembali.
Hampir setengah dari set pertama, Morrison melanjutkan omelan dan sumpah serapahnya yang berbau pornografi bercampur hinaan kepada aparat kepolisian New Haven. Morrison kemudian ditangkap dan diseret turun dari panggung, hal ini menimbulkan kerusuhan yang menyebar dari gerbang New Haven Arena hingga ke jalanan. Morrison dibawa ke stasiun polisi setempat, difoto untuk kemudian di tuntut dengan dakwaan perbuatan keji dan cabul di muka umum. Tuntutan terhadap Morrison, juga tiga orang jurnalis yang turut ditangkap karena peristiwa tersebut (Mike Zwerin, Yvonne Chabrier and Tim Page), dibatalkan beberapa minggu kemudian karena kurangnya bukti.

















Sumber:
http://bambang-gene.blogspot.com/2011/07/fakta-unik-dari-dunia-musik.html

https://souvenircantique.wordpress.com/tag/jim-morrison/

No comments:

Post a Comment